»

Sabtu, 12 Maret 2011

FILOSOFI MUSIK REGGAE


Reggae adalah sebuah soul yang sarat dengan unsur kedamaian dan persahabatan tanpa memandang status sosial, ekonomi, golongan, agama, bahkan komunitas apapun Bagi siapa saja penggemar musik Reggae, suka datang ke Reggae Party, musisi atau Band Reggae Mari bergabung agar kita dapat mewujudkan masyarakat Reggae yang solid…
Sederetan paragraf itu lah yang saya kutip dari sebuah komunitas yang menamakan dirinya good-rastafara , saya setuju 100% dengan pernyataan diatas , disisi lain nun jauh d luar sana mungkin banyak yang beranggapan aliran musik ini bukanlah apa apa, kotor , kumuh, dan  hanya pada kalangan tertentu saja yang benar benar bisa menikmati aliran musik ini, bahkan ada yang mengira musik reggae itu erat kaitannya dengan mabuk mabukan dan chimeng chimengan.
Tapi pada hakikat yang  sebenarnya reggea merupakan sebuah aliran musik  hasil mahakarya  dan warisan dunia yang ada sejak puluhan tahun silam, yang selalu mengumandangkan kedamaian, persahabatan dan cinta serta kesatuan “Satu Hati Satu Jiwa “.
Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika. Berbagai macam cabang yang ada dari unsur unsur reggae diantaranya ada Ska,rocksteadydubdancehall, dan ragga.
Mungkin saya masih bisa dikatakan baru menyentuh “bagian kulit” aliran musik ini, saya mulai menikmati reggea semenjak tahun 2008, ketika saya baru bertempat tinggal di Republik Uyee “Jogja”,  disinilah mulai mulai saya bermain main dan menikmati alunan alunan musik jamaika ini.
Sepertinya memang hobby satu ini adalah hobby keturunan dari sang ayah tercinta,  ketika saya masi kanak kanak, sang ayah sudah mulai memutar musik regge dengan tape kecil favoritnya, gak tau juga baru akhir akhir ini nyantol lagi di telinga. 
Pada posting kali ini saya akan membahas sekilas tentang reggae di Indonesia.
Sekilas Reggae di Indonesia
Musik aliran reggea di Indonesia ini bisa dibilang cukup kental dan saya sangat begitu respect dengan hasil karya karya anak bangsa tersebut dan terkadang terlintas ingin berkarya seperti mereka, antara lain Tony Q RastafaraRas MuhammadSteven & Coconut TreezJoni Agung(Bali), New Rastafara (Yogyakarta), Souljah dan Mbah Surip (Mojokerto) serta Band band reggae indi indi lain, diantaranya Buksbunny, Jarerasta,  Monkey boots,  Boys n Roots, Gangstarasta, Langensuko, Natural Sunrise, Marapu, dan masih banyak lainnya.
Awal awal musik regge ini dikumandangkan di Indonesia sekitar tahun dengan sebuah band volunter yaitu Black Company lalu diikuti dengan kemunculanlAsian Roots yang merupakan turunan dari band Black Company, kemudian ada Asian Force dan AbressoJamming.
Musik itu bukan sekedar hiburan dan Reggae itu bukan sekedar musik tetapi sudah merupakan bagian dari gaya hidup. Dan reggae itu sendiri memiliki konten tentang nilai kehidupan yang dalam dan filosofis. Ketika bicara Reggae, kita tahunya Bob Marley, sesungguhnya banyak tokoh-tokoh Reggae yang luar biasa.
Sebenarnya musik reggea itu sendiri dapat menjadi aset di bumi Indonesia. Kenapa bisa ??? ya, jawabanya adalah “komunitas”  dan komunitas itu sangat penting.  Coba kembali sedikit tentang filosofi musik diantaranya adalah UNIVERSAL, oleh karena itu dari universal itu maka timbul  media komunikasi dan musik reggae tentu bisa menjadi bagian dari industri , kemudia industri juga harus melihat reggae sebagai sebuah aset.
Pentingnya pembelajaran yang di terapkan oleh pelaku pelaku komunitas reggae itu sendiri, mereka bergerak lebih berlandaskan kepada unsur positif yang bisa dilakukan. Tidak sekedar dread lock maupun mariyuana. Sebab, menurut mereka filosofi reggae lebih dalam dan lebih luas. Reggae bukan sekedar hal-hal yang simbolik.
Saya berharap dan mungkin pecinta musik regge lainnya juga memiliki harapan yang sama yaitu lebih mengutamakan unsur edukasinya, karena musik reggae itu memiliki spirit kebersamaan ” brotherhood” yang kokoh, dan itu adalah spirit membangun untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa ini, agar spirit reggae lebih menjadi bahasa yang universal dan bisa diterima se “Familiar” mungkin. Semoga komunitas reggae di indonesia ini selalu one love and one unity.

0 komentar: